Dari Subdomain Ke Domain

Dari Subdomain Ke Domain

Setelah beberapa hari blog ini jadi atau lebih tepatnya baru seminggu, gue memutuskan untuk membeli domain. Tanpa pikir panjang gue langsung booking domainnya. Gue pikir, yaa justru baru seminggu gue harus buru-buru beli domain. Mumpung traffic nya belum gede biarpun udah ngerasain sampe seratus dua ratus dalam sehari hihi *bangga*.

Blog gue pun beralih dari almuhblog.blogspot.com jadi almuhblog.com. Gak jauh beda sih cuma hilang blogspotnya doang, ya minimal gue berdedikasi buat yang namanya ngeBlog. Gue mempercayakan untuk membeli domain ini kepada qwords. Alasannya? Banyak temen gue yang rekomendasiin itu, ya gue sebagai temen yang baik nurut aja deh, lagi pula cuma 100rb setahun murah banget. Iya prosesnya cepet banget terus mas-mas sama mbak-mbak qwords nya juga ramah banget.

Awalnya emang gampang banget buat ganti ini domain. Yang bikin ribet, gue tuh udah mesen tiket biar yang ngurusin DNS and Record itu sama pihak qwords. Tapi balesannya, gue disuruh ngeberesin itu semua sendiri karna sekarang udah tersedia tutorial tentang itu di situsnya. Dengan gak ada pengalaman gue sebelumnya tentang ini gue pun bingung. Akhirnya, gue nanya karna ada fasilitas Live Chat sama mas-mas nya. Terima kasih buat mas-mas nya yang udah ngejawab pertanyaan-pertanyaan gue sampe gumoh dari yang jelas sampe gak jelas. Kalo gak salah sih namanya irfan, semoga dia baca ini. Iya doi gue paksa buat baca ini haha.

Dan menurut gue, yang nggak enak tuh kalo udah berganti domain kita harus mulai dari nol sampe sekitar 1-2 minggu blog kita akan kembali normal. Baik itu pengindexan dari google, webmaster, ataupun alexa dsb. Dan salah satu yang gue bingung di awal, kenapa sitemap.xml gue gak ada setelah gue berganti domain? Ternyata setelah berganti domain, kita memang harus upload data sitemap kita lagi lewat cPanel hosting kita. Setelah cari-cari info dan nanya-nanya sama adminnya lagi, tapi admin kali ini bukan yang sebelumnya. Gue dapet jawaban kalo buat upload file manager di cPanel qwords itu butuh Hosting yang berbayar. Artinya buat gue yang punya hosting free alias gretongan bawaan blogspot dari google ini gak akan bisa buat ngemunculin sitemap.

Dari Subdomain Ke Domain

Tapi itu cuma sitemap, element yang gak terlalu penting lah haha. Lagi pula gue bisa ngalihin itu ke atom dsb.

Buat temen-temen yang mau berganti domain saya sarankan qwords, karna ada fasilitas yang namanya live chat. Jadi bisa ditanyain langsung kalo bingung. Buat yang bingung gue tadi ceritain apa, itu hanya contoh untuk mengoptimalkan blog agar lebih friendly sama google. Dan semoga dengan bergantinya domain, gue bisa lebih rajin berposting dari sebelumnya yaa..

Happy Blogging~

12 Komentar

hahaha keren banget nih. blog aku umurnya lima tahunan dulu baru ganti domain hehe

Reply

Wah harus banyak belajar nih sama kaka ini hihi

Reply

mantep.
kalo saya nunggu 2 taun dulu buat pindah domain
hehehe

Reply

aku belum pindah domain ... pengen sih .. semoga lekas :)

sukses terus mas :D

eh trublue juga yak?? okesipp kita samaan :P

Reply

iya kecepetan nih hehe

Reply

semoga cepet lekas deh mas:D

sukses juga mas..

yoi sama *tos*

Reply

saya masih nyaman dengan subdomain bawaan blogger wkwkwk :D

Reply

iya nih udah kebelet sih hehe

Reply

Gue sebenernya agak kurang ngert dengan qword, cpanel dan lain-lain. Tapi, mari ngeblog, broh. :))

Reply

Iya kalo qwords itu jasa buat beli domain sama hosting. kalo cpanel buat ngelola situsnya.
Oke broh siap :))

Reply

blog gue masih dengan domain blogspot.com tapi gue juga punya website dengan domain .com aneh juga hehe

Reply

Wah, itu mah keren bro :D
Tapi percuma juga sih kalo blognya gak pernah di update, sebagai blogger murtad gue harus lebih sering ngeblog nih. Hehe.

Reply

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca. Jika berkenan, silahkan berkomentar! Komentar apapun dipersilahkan, asalkan tidak ada link aktif dan unsur SPAM.