Hubungan Air Dingin dan Air Panas dengan Nafas

Hubungan Air Dingin dan Air Panas dengan Nafas

Ini bukan tentang minuman bersoda ataupun minuman hangat yang baru diseduh dan siap untuk disantap. Apalagi tentang bau mulut. Bukan sama sekali. Tapi ini tentang tiup-meniup yang berhubungan dengan reaksi kimia #hazeg. Yak, mulai keliatan benang merahnya.

Tadi siang ada yang broadcast ke gue kayak gini:

"MENGAPA NABI MELARANG UNTUK MENIUP AIR PANAS?

Inilah jawabannya..

Nabi melarang sahabatnya meniup air panas yang akan diminum. Beliau tidak menerangkan, tetapi melarang keras hal tersebut. Ternyata, dalam penelitian sains, air panas (H2O) yang bertemu dengan karbondioksida (CO2) yang dihembuskan/ditiup oleh mulut, maka akan menghasilkan persenyawaan H2CO3 (Asam Karbonat). Dan jika asam karbonat itu masuk ke dalam tubuh manusia, maka dapat menyebabkan penyakit jantung.

Subhanallah..

Rupanya itu rahasianya.."

Hubungan Air Dingin dan Air Panas dengan Nafas

Gue pun baru tau kalo itu benar adanya. Lantas, gue tanya dong ke dia yg broadcast gue..

"Ohh, gitu toh rupanya. Ngomong-ngomong, itu kan air panas. Kalo air dingin kan H2O juga. Sama dong kayak air panas yang gak boleh ditiup?"

Lantas, dia menjawab dengan nada nyeleneh..

"Emang pernah ada air dingin ditiup? Hehe"

Gue yang serius bertanya pun menjadi kecewa. Dan gue langsung membalasnya dengan sebuah kasus..

"Contoh kecil kalo lagi mandi. Niup gak niup, H2O nya kan bakal bercampur dengan hembusan napas kita. Apalagi di kamar mandi yang notabene ruang lingkupnya kecil."

Lantas, dia menjawab..

"Mmmm, itu ceritanya gak ada lubang udara menuju keluar kan? Coba aja kalo lama-lama disitu? Gimana gak stop jantung kita?"

Yak, jawaban ini udah mulai ngawur. Terus, dimana hubungannya dengan asam karbonat? Lantas, gue membalas..

"Itu sih hubungannya karna gak ada O2 yang masuk. Bukan karna asam karbonat yang membuat jantungnya berhenti."

Lantas, dia menjawab..

"Permasalahannya serangan jantung. Dan serangan jantung bisa terjadi karna terlalu sering melakukannya."

Ini udah out of the box. Sering-sering ngerokok juga bisa terkena serangan jantung. Lantas, gue membalas..

"Pertanyaan gue tuh, ngaruh gak air yang kita pake buat mandi? Kalaupun nyampur dengan napas kita, tanpa disengaja, kita telah menghirup asam karbonat kalo emang bener-bener bercampur/bereaksi?"

Lantas, dia menjawab..

"Itu juga broadcast-an dari orang, gue juga belom sempet nanya, hehe"

Gilak, Men. Melihat kata-kata itu tuh pengen banget rasanya gue pake emot mata belo yang melampiaskan kekesalan. Udah panjang lebar ngejawab, ujung-ujungnya cuma kayak gitu doang.

Sebagai orang awam, gue pun cari tau. Dan setelah guling-guling, eh gugling-gugling, ternyata emang gak berpengaruh. Lega rasanya.. Serem juga kan, kalo emang bener air dingin sama halnya dengan air panas yang bisa bereaksi dengan hembusan napas kita. Yap, ini karna air dingin gak punya uap yang keluar seperti halnya air panas. Biarpun mengandung H2O juga, selama gak beruap ya gak berisiko menjadi asam karbonat.

Kalo ada yang salah, mohon diluruskan dengan comment di bawah yah~

13 Komentar

sering juga nih di repost di grup fb islami gitu.
dan akhirnya tante gua jadi parno. bahkan nasi gak boleh ditiup. apa semua yang panas gak boleh ditiup ya? bingung juga deh gua

kalau ada waktu, main ke blogku juga ya

Reply

Pake alternatif lain tanpa adanya senyawa CO2. Di kipas-kipas misalnya.

Sip~

Reply

sunnah rosul nya kalo makanan panas kita harus sabar menunggu sampek agak dingin :))

Reply

Iya bener tuh. Makasih tambahannya ;)

Reply

Keren. Ketemu aja ide buat nyelipin candaannya. Hehe

Reply

ane juga pernah liat post itu di FB, tapi lebih baik cek dulu keaslian dan kesahihannya gan :D

Reply

wah ternyata gitu toh. pernah sering ditegur jangan niup" makanan yang masih panas, gak baek. tapi gue tetap ngeyel bilang gak ada hubungannya :v hahah...

Reply

Iya gan. Setelah ane cek kesahihannya, ternyata hal ini sudah ada dalam hadits yang beberapanya diriwayatkan oleh: (Imam Baihaqi, 7/2580), (Shahih Muslim, 13/172)

thx sarannya :)

Reply

Iya, lebih baik mengikuti anjuran rosul daripada celaka dikemudian hari. Hehe

Reply

wah bermanfaat banget nih B)

Reply

hubungannya dengan asam karbonat ??? padahal asam karbonat mengandung anti oksidan.,.,

Reply

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca. Jika berkenan, silahkan berkomentar! Komentar apapun dipersilahkan, asalkan tidak ada link aktif dan unsur SPAM.